Wednesday, May 23, 2012

Pengertian Informasi



Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata “informasi”. Tapi, tahukah kita apa arti dari “informasi” itu?

Banyak orang bilang secara sederhana, informasi adalah segala yang kita komunikasikan, seperti halnya apa yang kita komunikasikan lewat bahasa lisan, surat kabar, media elektronik, dll. Itu pengertian secara sederhana. Dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa informasi tidak akan ada apabila tidak ada yang membawanya.

Dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik disebutkan bahwa yang dimaksud dengan Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan,dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non-elektronik. Pengertian ini lebih rinci daripada pengertian diatas tadi, namun jelas bahwa pengertian pertama tadi lebih mudah dimengerti.


Sebagai perbandingan, berikut ada beberapa arti informasi menurut beberapa sumber :

1. Teskey
Informasi adalah kumpulan data yang terstruktur, yang disampaikan seseorang pada orang lain.
2. Gordon B. Davis
Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang.
3. Oxford English Dictionary
Informasi sebagai sesuatu yang dapat diberitahukan atau dijelaskan (that of which is appraised or told).

Beberapa pengertian diatas sudah cukup untuk memberikan gambaran tentang informasi. Selanjutnya, informasi memiliki tiga makna yang terkandung didalamnya. Berikut ketiga makna tersebut :

1. Informasi sebagai suatu proses, yang merujuk pada kegiatan-kegiatan sehingga menjadi terinformasi.
2. Informasi sebagai pengetahuan, mengacu pada seluruh kejadian di dunia (entity/entitas) yang tak terhingga, tak tersentuh, atau sesuatu yang abstrak. Sebagai sesuatu yang abstrak, informasi dilihat dari makna yang terkandung di dalam keseluruhan medium yang digunakan, dan yang dapat diartikan secara berbeda antara si pengirim dan si penerima. Informasi dianggap sebagai bagian abstrak dari pikiran manusia sesuai dengan isi dan makna pesan yang diterima. Misalnya Si Ani mengatakan kepada Si Budi “Wah pandai betul kamu”. Mungkin maksud Ani karena jengkel melihat si Budi yang nyontek pekerjaan temannya, tetapi mungkin dikira Budi Ani mengatakan bahwa dia betul-betul pandai.
3. Informasi sebagai suatu benda, penyajian yang nyata dari pengetahuan. Makna yang ketiga inilah yang paling mudah dimengerti. Informasi disini dianggap sebagai bahan mentah, yang memerlukan pemrosesan lebih lanjut. Semisal, seseorang mencari informasi mengenai kasus kriminal yang sedang banyak dibicarakan. Dia mencari di toko buku, dan membeli koran edisi terbaru, karena dia tahu informasi yang dia cari terdapat di koran tersebut.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai informasi. Semoga membantu, dan tunggu postingan saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment