Wednesday, May 23, 2012

Pengertian Perpustakaan


Kalian tentu pernah mendengar kata “perpustakaan” bukan? Nah, kalau mendengar kata itu, pasti yang terbayang adalah sebuah ruangan yang penuh dengan buku, yang disusun di rak-rak. Memang benar, hanya saja perpustakaan seperti itu membosankan. Benar? Bayangkan, disekeliling kita adalah ratusan buku, yang ada hanya buku, buku, dan buku. Jujur saja, saya juga akan bosan. Padahal keberadaan perpustakaan itu sangat penting. Kenapa? Karena perpustakaan adalah gudang informasi. Kita dapat menemukan hampir semua yang ingin kita ketahui di perpustakaan. Lalu bagaimana dengan internet? Memang, kita bisa menemukan banyak hal di internet, tapi saya meragukan kebenaran informasinya. Percayalah, internet penuh dengan kebohongan. Perpustakaan lebih bisa dipercaya (jiah kayak iklan :p).


Oke, jadi, perpustakaan berasal dari kata “pustaka” yang artinya kitab, buku. Dalam bahasa inggris, perpustakaan adalah “library”, yang berasal dari kata Latin “liber” atau “libri” yang berarti buku. Dalam bahasa asing lainnya perpustakaan disebut sebagai “bibliotheek” (Belanda), “bibliothek” (Jerman), “bibliotheque” (Perancis), “bibliotheca” (Spanyol), dan “bibliotheca” (Portugis). Semua istilah itu berasal dari bahasa Yunani “biblia” yang berarti tentang buku, kitab.

Menurut Sulistyo Basuki, perpustakaan ialah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.
Pengertian lainnya, menurut Webster’s Third Edition International Dictionary edisi 1961 menyatakan bahwa perpustakaan merupakan kumpulan buku, manuskrip dan bahan pustaka lainnya yang digunakan untuk keperluan studi atau bacaan, kenyamanan atau kesenangan.
Sedangkan dalam Encyclopedia Britannica Micropedia VI dinyatakan bahwa perpustakaan merupakan kumpulan buku atau akomodasi fisik tempat buku dikumpulkan.
Menurut International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) perpustakaan merupakan kumpulan materi tercetak dan media noncetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang disusun secara sistematis untuk digunakan pemakai.

Mengacu pada semua batasan yang dikemukakan oleh beberapa pihak diatas, saya mendefinisikan perpustakaan sebagai sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan media-media cetak (buku, koran, majalah, artikel, karya tulis, naskah, laporan) dan noncetak (kaset, CD, DVD, piringan hitam, film, video) yang disediakan untuk digunakan oleh para pengunjung perpustakaan.

Yah, untuk sementara hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Wassalam.

No comments:

Post a Comment