Sunday, June 10, 2012

Karakteristik dan Layanan Pustakawan


Di tengah-tengah pesatnya perkembangan informasi ini, seorang pustakawan haruslah ikut berperan aktif dalam proses penyebaran dan pengelolaan informasi serta sebagai pembawa perubahan dan meningkatkan kecerdasan masyarakat untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan di masa depan.
Melihat betapa berat tugas seorang pustakawan, seharusnya dia tahu bahwa dalam pengelolaan informasi tersebut dibutuhkan ketrampilan dan keahlian khusus yang hanya bisa didapatkan lewat pendidikan dan pelatihan yang memadai. Dengan begitu pustakawan tetap bisa menjamin kemampuannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pustakawan. Berikut merupakan beberapa kriteria pustakawan yang ideal di masa depan :
1.      Memiliki kemampuan untuk berorientasi pada masa depan. Pustakawan harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang semakin pesat demi memenuhi tugasnya sebagai pembawa perubahan.
2.      Mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Bukan hanya di bidang perpustakaan, namun juga harus di bidang lain baik formal maupun non-formal.
3.      Memiliki kemampuan teknis dibidang perpustakaan, menguasai teknologi informasi dan kemampuan berbahasa Inggris. Ketiga keahlian ini mutlak dimiliki oleh seorang pustakawan.
4.      Mampu bekerjasama dengan baik dengan sesama rekan kerja dan bertanggung jawab terhadap segala tugas yang dibebankan kepadanya.
5.      Menampilkan image positif. Penampilan pustakawan yang rapi, sopan dan murah senyum akan mengubah image perpustakaan yang selama ini identik dengan seorang pustakawan tua yang cemberut dan emosional.
6.      Kreatif dan inovatif. Seorang pustakawan, layaknya seorang peneliti, harus berani mencoba hal-hal yang baru. Jangan hanya terpaku dengan tugas-tugas konvensional perpustakaan seperti penataan buku-buku di rak, pengadaan koleksi bahan pustaka, dan lain-lain, tetapi juga mengenai digitalisasi perpustakaan, penyediaan layanan internet dan Wi-fi, mengadakan dan memelihara situs perpustakaan, dan lain-lain.
Mutu layanan di perpustakaan akan meningkat apabila pustakawan memahami apa saja yang dibutuhkan penggunanya. Kebutuhan pengguna akan terpenuhi apabila pustakawan melayani mereka dengan sebaik-baiknya. Hal ini sangat didukung dengan adanya peningkatan pendidikan melalui pelatihan secara kontinyu. Pelatihan seperti magang dan cara-cara pengembangan yang lain perlu untuk terus diadakan, agar kemampuan dari para pustakawan dapat meningkat. Pada akhirnya, keberhasilan layanan perpustakaan akhirnya akan dikembalikan pada orang-orang yang berkecimpung didunia perpustakaan dan informasi beserta perpustakaan dengan berbagai sarananya.

Sumber :

Kosasih, Aa, S.Sos. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Layanan Prima di Perpustakaan. Artikel Pustakawan Perpustakaan Universitas Malang, Malang.
Yulianti, Rita. 2012. Kompetensi Pustakawan dan Eksistensi Perpustakaan Masa Depan. Makalah Lomba Pustakawan Teladan / Berprestasi 2012 Universitas Gadjah Mada, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 13 Maret.

1 comment: