Di tengah-tengah pesatnya perkembangan informasi ini,
seorang pustakawan haruslah ikut berperan aktif dalam proses penyebaran dan
pengelolaan informasi serta sebagai pembawa perubahan dan meningkatkan
kecerdasan masyarakat untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan di masa
depan.
Melihat betapa berat tugas seorang pustakawan, seharusnya dia tahu bahwa
dalam pengelolaan informasi tersebut dibutuhkan ketrampilan dan keahlian khusus
yang hanya bisa didapatkan lewat pendidikan dan pelatihan yang memadai. Dengan
begitu pustakawan tetap bisa menjamin kemampuannya dalam melaksanakan tugasnya
sebagai seorang pustakawan. Berikut merupakan beberapa kriteria pustakawan yang
ideal di masa depan :
1. Memiliki kemampuan untuk berorientasi pada
masa depan. Pustakawan harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman
yang semakin pesat demi memenuhi tugasnya sebagai pembawa perubahan.
2. Mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas.
Bukan hanya di bidang perpustakaan, namun juga harus di bidang lain baik formal
maupun non-formal.
3. Memiliki kemampuan teknis dibidang
perpustakaan, menguasai teknologi informasi dan kemampuan berbahasa Inggris.
Ketiga keahlian ini mutlak dimiliki oleh seorang pustakawan.
4. Mampu bekerjasama dengan baik dengan sesama
rekan kerja dan bertanggung jawab terhadap segala tugas yang dibebankan
kepadanya.
5. Menampilkan image positif. Penampilan
pustakawan yang rapi, sopan dan murah senyum akan mengubah image perpustakaan
yang selama ini identik dengan seorang pustakawan tua yang cemberut dan
emosional.
6. Kreatif dan inovatif. Seorang pustakawan,
layaknya seorang peneliti, harus berani mencoba hal-hal yang baru. Jangan hanya
terpaku dengan tugas-tugas konvensional perpustakaan seperti penataan buku-buku
di rak, pengadaan koleksi bahan pustaka, dan lain-lain, tetapi juga mengenai
digitalisasi perpustakaan, penyediaan layanan internet dan Wi-fi, mengadakan
dan memelihara situs perpustakaan, dan lain-lain.
Mutu layanan di perpustakaan akan meningkat apabila
pustakawan memahami apa saja yang dibutuhkan penggunanya. Kebutuhan pengguna
akan terpenuhi apabila pustakawan melayani mereka dengan sebaik-baiknya. Hal
ini sangat didukung dengan adanya peningkatan pendidikan melalui pelatihan
secara kontinyu. Pelatihan seperti magang dan cara-cara pengembangan yang lain
perlu untuk terus diadakan, agar kemampuan dari para pustakawan dapat
meningkat. Pada akhirnya, keberhasilan layanan perpustakaan akhirnya akan
dikembalikan pada orang-orang yang berkecimpung didunia perpustakaan dan
informasi beserta perpustakaan dengan berbagai sarananya.
Sumber :
Kosasih, Aa, S.Sos. 2009. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Kualitas Layanan Prima di Perpustakaan. Artikel Pustakawan Perpustakaan
Universitas Malang, Malang.
Yulianti, Rita. 2012. Kompetensi Pustakawan
dan Eksistensi Perpustakaan Masa Depan. Makalah Lomba Pustakawan Teladan /
Berprestasi 2012 Universitas Gadjah Mada, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta,
13 Maret.
sangat bermanfaat, joz koe rik :D (y)
ReplyDelete